Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Peran Perawat Sebagai Advokator Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Kanker Payudara Yang Menjalani Kemoterapi Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

XML
Pengarang
Rosmita Devi - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kanker payudara merupakan penyebab kematian nomor satu dari seluruh jenis kanker yang terjadi pada wanita. Berbagai macam pengobatan yang diterima pasien diantaranya dengan menjalani kemoterapi. Pasien yang menderita kanker payudara mengalami reaksi yang bervariasi. Pasien memerlukan peranan perawat untuk menurunkan kecemasannya dalam menjalani kemoterapi. Pentingnya perawat sebagai advokator bagi pasien kanker payudara yaitu sebagai pembela untuk melindungi dan memotivasi klien.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan peran perawat sebagai advokator dengan tingkat kecemasan pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasi dengan pendekatan Cross sectional. Pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah peran perawat sebagai advokator, variabel terikat adalah tingkat kecemasan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan Rank Spearman.

Hasil analisis menyatakan terdapat hubungan antara peran perawat sebagai advokator dengan tingkat kecemasan pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Hal ini ditunjukan dengan nilai P sebesar 0,017 (a = 0,05).
Tingkat Kecemasan
Kanker Payudara
peran perawat

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1013
APA Citation
Rosmita Devi. (2012). Hubungan Peran Perawat Sebagai Advokator Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Kanker Payudara Yang Menjalani Kemoterapi Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/