Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Faktor-Faktor Risiko Kejadian Benigna Prostat Hiperplasia (BPH) di RSUD Ajibarang

XML
Pengarang
Rudi Setiawan - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Benigna Prostat Hiperplasia (BPH) merupakan pembesaran prostat yang sering ditemukan pada pria usia lanjut gangguan prostat merupakan gejala penuaan yang terjadi pada pria di usia 45 tahun keatas. Adanya BPH akan menyebabkan terjadinya obstruksi saluran kemih. Pembesaran kelenjar prostat mempunyai angka morbiditas yang paling bermakna pada populasi pria lanjut usia. Prevalensi BPH yang bergejala pada pria usia 40-49 tahun mencapai hampir 15%. Angka ini meningkat dengan bertambahnya usia, sehingga pada usia 50-59 tahun prevalensinya mencapai hampir 25% dan pada usia 60 tahun mencapai angka sekitar 43%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor risiko kejadian BPH di RSUD Ajibarang tahun 2014. Faktor-faktor risiko BPH yang meliputi : riwayat keluarga, obesitas, penyakit diabetes melitus, kebiasaan olahraga, kebiasaan merokok dan kebiasaan minum-minuman beralkohol.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data menggunakan accidental sampling. Responden merupakan semua pasien yang menderita BPH yang berjumlah 30 responden.

Kesimpulan penelitian ini yaitu gambaran faktor-faktor risiko kejadian BPH berdasarkan riwayat keluarga, tidak memiliki riwayat keluarga BPH sebanyak 30 orang (100%), responden tidak obesitas sebanyak 29 orang (96.7%), semua responden tidak mempunyai kebiasaan olahraga sebanyak 30 orang (100%), responden mempunyai kebiasaan merokok sebanyak 28 orang (93.3%), tidak minum-minuman beralkohol sebanyak 30 orang (100%), dan tidak memiliki penyakit diabetes melitus sebanyak 30 orang (100%).
Faktor-Faktor Risiko
Benigna Prostat Hiperplasia

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1017
APA Citation
Rudi Setiawan. (2014). Gambaran Faktor-Faktor Risiko Kejadian Benigna Prostat Hiperplasia (BPH) di RSUD Ajibarang. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/