Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Antara Golongan Darah Sistem Abo Dengan Kejadian Dispepsia Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Tahun 2012

XML
Pengarang
Rumiyanti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Dispepsia merupakan kumpulan berbagai gangguan yang berasal dari saluran cerna bagian atas. Gejala dispepsia berupa perut terasa terbakar, terasa penuh, merasa makanan naik ke atas (refluk), mual, muntah dan sendawa. Berbagai kelainan di lambung memberikan gejala dispepsia. Dispepsia terdiri dari dispepsia organik dan dispepsia fungsional. Golongan darah sistem ABO memiliki perbedaan dalam respon stres, makanan yang dikonsumsi, dan sekresi asam lambung. Perbedaan tersebut dapat memberikan perbedaan yang signifikan dalam proses terjadinya dispepsia.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara golongan darah sistem ABO terhadap kejadian dispepsia di RSUD Dr. Margono Soekarjo Tahun 2012.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei kasus kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan serum antigen golongan darah sebagai alat pengambilan data responden dalam penelitian. Sampel diambil dari dua populasi yang berbeda, 39 responden yang positif dispepsia sebagai kasus dan 39 orang responden non dispepsia sebagai kontrol. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan chi square.

Hasil penelitian ini adalah didapatkan responden dispepsia lebih banyak berjenis kelamin perempuan (64,1%) daripada laki-laki (35,9%). Responden dispepsia lebih banyak bergolongan darah O (46,2%), kemudian golongan darah B (30,8%). Nilai p>α = 0,05 dan X tabel = 7,815 lebih besar dari X hitung = 6,482.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara golongan darah sistem ABO terhadap kejadian dispepsia di RSUD Dr. Margono Soekarjo tahun 2012
Golongan darah
Dispepsia

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1019
APA Citation
Rumiyanti. (2012). Hubungan Antara Golongan Darah Sistem Abo Dengan Kejadian Dispepsia Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Tahun 2012. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/