Kemampuan kecerdasan emosional (emotional intelligence) mempunyai peran untuk mencapai kesuksesan seseorang termasuk prestasi siswa dalam belajar. Dengan kemampuan kecerdasan emosional yang baik maka seseorang dapat memotivasi dirinya dengan baik pula. Untuk itu, agar kualitas belajar meningkat maka diperlukan motivasi belajar siswa yang konsisten dan terkelola dengan baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Sokaraja.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Muhammadiyah Sokaraja sebanyak 66 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji Spearman Rank.
Hasil uji statistik diperoleh nilai p = 0,000 (p-value < 0,05) maka ada hubungan yang bermakna atau Ha diterima dengan nilai koefisien korelasi ρ (rho) = 0,484, yang artinya ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Sokaraja.
siswa Motivasi belajar kecerdasan emosional
Sadillah. (2011). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah Sokaraja Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id