Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Antara Kualitas Layanan Antenatal Care (Anc) Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Ii Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas Tahun 2013

XML
Pengarang
Safitri Darmayanti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan maternal di Indonesia masih di bawah harapan. Salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan adalah cakupan K1 dan K4. Indikator pengukuran mutu yang bersifat soft measure yaitu kepuasan pasien. Survey pendahuluan di Puskesmas II Purwokerto Utara terhadap 12 responden, diperoleh informasi bahwa 2 orang menyatakan kurang puas (16,67%), 2 orang sangat puas (16,67%), 6 orang cukup puas (50,00%), dan 2 orang tidak berpendapat (16,67%). Dari 12 responden tersebut, cenderung menyatakan bahwa ruang tunggu kurang nyaman, waktu tunggu yang lama, dan terkadang bidan telat datang.

Metode penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional berdasarkan data primer yang diambil dengan menggunakan teknik angket dan instrumennya adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil pasca periksa kehamilan di Puskesmas II Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas yang diambil secara incidental sampling sebanyak 40 responden pada tanggal 10-19 Juni 2013. Analisis data menggunakan uji spearman rank untuk mengetahui hubungan antar variabel.

Penilaian pasien terhadap kualitas layanan ANC di Puskesmas II Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas tahun 2013, sebagian besar dalam kategori setuju atau baik sebanyak 25 responden (62,5%) dan sebagian kecil dalam kategori sangat setuju atau sangat baik sebanyak 15 responden (37,5%). Untuk kepuasan pasien di Puskesmas II Purwokerto Utara, sebagian besar responden dalam kategori memuaskan sebanyak 29 responden (72,5%), 10 responden untuk kategori sangat memuaskan (25,0%), dan 1 responden untuk kategori tidak memuaskan (2,5%). Berdasarkan hasil uji spearman rank, diperoleh nilai ρ value 0,001 <α (0,05), maka ada hubungan yang kuat antara kualitas layanan antenatal care dengan kepuasan pasien di Puskesmas II Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas Tahun 2013 (CC=0,622).

Dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan pasien tehadap pelayanan antenatal care maka diperlukan peningkatan terhadap mutu atau kualitas pelayanan berdasarkan dimensi kualitas pelayanan jasa (responsiveness, reliability, empathy, assurances, dan tangibles).
Kepuasan Pasien
Antenatal care
Kualitas layanan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1024
APA Citation
Safitri Darmayanti. (2013). Hubungan Antara Kualitas Layanan Antenatal Care (Anc) Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Ii Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/