Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Karakteristik Ibu Bersalin Dengan Partus Lama Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Tahun 2010

XML
Pengarang
Salatin Kurniawati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2011
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang: Penyebab permasalahan pada ibu saat bersalin diantaranya adalah persalinan yang berlangsung lama (partus lama). Partus lama adalah persalinan yang berlangsung lama lebih dari 24 jam yang dimulai dari tanda-tanda persalinan. Berdasarkan penelitian pra survei angka kejadian partus lama yang diperoleh dari rekam medik RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2010 sejumlah 134 kasus dari 1533 kelahiran.

Tujuan : Untuk mengetahui karakteristik ibu bersalin dengan partus lama di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2010.

Metode : Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan retrospektif dan instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan master table. Populasinya adalah semua ibu bersalin yang mengalami partus lama di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2010 sebanyak 134 kasus.

Hasil : Karakteristik ibu bersalin dengan partus lama di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2010, diketahui bahwa dari 134 responden bersalin normal berdasarkan paritas sebagian besar primipara 75 responden (56,0%). Sedangkan berdasarkan mal posisi janin sebagian besar ibu dengan presentasi belakang kepala 65 responden (48,5%), dan berdasarkan kejadian sebagian besar ibu tidak mengalami KPD 69 kasus (51,5%).

Kesimpulan : Sebagian besar kejadian partus lama dialami oleh wanita yang baru pertama kali melahirkan dan belum mempunyai pengalaman. Selain itu presentasi janin juga mempengaruhi terhadap persalinan ibu menjadi lama.
Karakteristik
ibu bersalin
Partus Lama

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1026
APA Citation
Salatin Kurniawati. (2011). Karakteristik Ibu Bersalin Dengan Partus Lama Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Tahun 2010. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/