Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Kejadian Ikterus Patologis Pada Bayi Baru Lahir Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto tahun 2010

XML
Pengarang
Sara Sumaghai - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2011
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Salah satu penyebab mortalitas pada bayi baru lahir adalah ensefalopati bilirubin (kernikterus). Kejadian ikterus pada bayi baru lahir berkisar antara 50% pada bayi cukup bulan dan 75% pada bayi kurang bulan.

Tujuan : Mengetahui gambaran kejadian ikterus patologis pada bayi baru lahir di RSUD Prof. Dr. Margono soekardjo Purwokerto tahun 2010.

Metode : Menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan retrospektif study dan pengambilan data menggunakan total sampling. Instrumennya adalah master tabel terhadap 122 bayi baru lahir dengan ikterus patologis di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo periode 1 Januari-31 Desember Tahun 2010.

Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kejadian ikterus patologis terjadi pada kelompok bayi yang tidak mempunyai riwayat komplikasi kehamilan sebanyak 89 responden (98,89%), tidak mempunyai riwayat prematur sebanyak 66 responden (73,33%), berat badan antara 2500-4000 gram sebanyak 58 responden (64,45%), mempunyai riwayat asfiksia sebesar 79 responden (87,78%) dan tidak mempunyai riwayat infeksi sebesar 78 responden (86,67%).

Kesimpulan : Kejadian ikterus patologis lebih banyak terjadi pada kelompok bayi yang tidak mempunyai riwayat komplikasi kehamilan, tidak mempunyai riwayat prematur, berat badan 2500-4000 gram, mempunyai riwayat asfiksia dan tidak mempunyai riwayat infeksi.
Ikterus patologis
Bayi Baru Lahir (BBL)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1030
APA Citation
Sara Sumaghai. (2011). Gambaran Kejadian Ikterus Patologis Pada Bayi Baru Lahir Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto tahun 2010. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/