Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Usia Ibu Bersalin Dengan Risiko Kejadian Prematuritas Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga Tahun 2012

XML
Pengarang
Septi Putri Nuraeni Intan Permata Hati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kelahiran prematur merupakan penyebab utama dari kematian neonatal dan morbiditas balita seluruh dunia. Hal ini berkaitan dengan belum matangnya organ pada bayi seperti paru, otak dan gastrointestinal. Salah satu faktor yang dipercaya berkaitan dengan kejadian prematuritas adalah usia ibu. Di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga terdapat 198 kasus prematuritas pada tahun 2011.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara usia ibu bersalin dengan kejadian prematuritas di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga tahun 2012.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil pada bulan Juli 2013 di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga pada tahun 2012. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 295 responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 170 kejadian prematuritas sebagian besar terjadi pada usia reproduksi muda sebanyak 58 responden (34,1%) dan usia reproduksi risiko tinggi sebanyak 69 responden (40,6%). Uji statistik dengan menggunakan uji chi square menunjukan p value 0,000 yang berarti bermakna atau ada hubungan.

Ada hubungan antara usia ibu bersalin dengan kejadian prematuritas di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga tahun 2012.
Usia ibu bersalin
prematuritas

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1042
APA Citation
Septi Putri Nuraeni Intan Permata Hati. (2013). Hubungan Usia Ibu Bersalin Dengan Risiko Kejadian Prematuritas Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga Tahun 2012. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/