Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Perilaku Pemberian Cairan Dan Elektrolit Pada Balita Diare Di Puskesmas I Purwokerto Timur

XML
Pengarang
Shinta Utami - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Diare merupakan suatu keadaan pengeluaran tinja yang tidak normal atau tidak seperti biasanya, ditandai dengan peningkatan volume, keenceran, serta frekuensi lebih dari 3 kali sehari dan pada neonatus lebih dari 4 kali sehari dengan atau tanpa lendir darah. Diare membunuh anak-anak lebih dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS), malaria dan campak. Tingkat pengetahuan dan sikap ibu tentang perilaku pemberian cairan dan elektrolit sangat dibutuhkan dalam penanganan awal pada balita yang mengalami diare.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan tingkat pengetahuan dan sikap ibu dengan perilaku pemberian cairan dan elektrolit pada balita yang menderita diare di Puskesmas I Purwokerto Timur.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 69 ibu yang mempunyai balita yang menderita diare. Cara pengambilan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji chi square dengan analisis bivariate dan variat.

Hasil penelitian menunjukan ada hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan perilaku pemberian cairan dan elektrolit pada balita diare yaitu p = 0,018 (p-value <0.05), serta ada hubungan sikap ibu dengan perilaku pemberian cairan dan elektrolit pada balita diare yaitu p = 0,016 (p-value <0.05).

Kesimpulan penelitian terdapat hubungan tingkat pengetahuan dan sikap ibu dengan perilaku pemberian cairan dan elektrolit pada balita diare di Puskesmas I Purwokerto Timur.
Tingkat pengetahuan
sikap
diare
perilaku

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1051
APA Citation
Shinta Utami. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Perilaku Pemberian Cairan Dan Elektrolit Pada Balita Diare Di Puskesmas I Purwokerto Timur. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/