Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG GANGGUAN PERNAPASAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA KELAS IX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH SIDAREJA KABUPATEN CILACAP

XML
Pengarang
Sigit Putro Widodo - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Perilaku merokok merupakan perilaku yang dapat menyebabkan ketergantungan dan berbahaya bagi kesehatan. Perilaku merokok juga termasuk salah satu faktor risiko terjadinya gangguan pernapasan. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi perilaku merokok, diantaranya adalah pengetahuan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang gangguan pernapasan dengan perilaku merokok di SMP Muhammadiyah Sidareja Kabupaten Cilacap.

Metode penelitian adalah penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa laki-laki yang sekolah di SMP Muhammadiyah. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 42 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan tehnik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, data yang diperoleh dianalisis menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa 28 siswa (66.7%) memiliki pengetahuan tentang gangguan pernapasan akibat merokok dengan kategori kurang, sebanyak 33 siswa (78.9%) memiliki perilaku merokok termasuk kategori perilaku merokok sedang. Hasil uji hipotesis penelitian diperoleh nilai r = -0.474, p= 0.002 atau p <0.05.

Penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan tentang gangguan pernapasan dengan perilaku merokok pada siswa SMP Muhammadiyah Sidareja Kabupaten Cilacap. Saran bagi pihak sekolah untuk lebih mengawasi siswanya agar tidak merokok dengan cara pihak sekolah bekerjasama dengan tenaga medis maupun perawat.
merokok
pengetahuan
perilaku

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1056
APA Citation
Sigit Putro Widodo. (2015). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG GANGGUAN PERNAPASAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA KELAS IX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH SIDAREJA KABUPATEN CILACAP. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/