Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Pengetahuan Ketrampilan Mahasiswi Kebidanan Semester Vitentang Partografdi Stikes Harapan Bangsa Purwokerto

XML
Pengarang
Silvia Yuliana - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Dengan penerapan partograf diharapkan angka kematian maternal dan perinatal dapat diturunkan sehingga mampu menunjang sistem kesehatan menuju tingkat kesejahteraan masyarakat, namun pada kenyataannya dilapangan masih terdapat beberapa tenaga kesehatan terutama bidan yang tidak menggunakan partograf untuk memantau kemajuan persalinan. Banyak faktor yang mempengaruhi kenapa bidan tidak melakukan pemantauan persalinan menggunakan partograf, dapat dikarenakan karena tingkat kepatuhan bidan tersebut atau dapat dikarenakan karena pengetahuan bidan yang masih kurang. Berdasarkan studi pendahuluan di STIKes Harapan Bangsa, dari 10 mahasisiwi mengerjakan soal kasus partograf didapatkan 40% masih mendapatkan nilai dibawah 76 .

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ketrampilan mahasiswi kebidanan semester VI tentang partograf di STIKes Harapan Bangsa tahun 2013. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah Proporsional Random Sampling, sampel penelitian ini adalah mahasiswi kebidanan semester VI STIKes Harapan Bangsa Purwokerto yaitu 31 responden dari masing-masing kelas sebanyak 11 mahasiswi kelas A, 9 mahasiswi kelas B, dan 11 mahasiswi kelas C.

Hasil penelitian didapatkan gambaran pengetahuan ketrampilan mahasiswi kebidanan semester VI tentang partograf di STIKes Harapan Bangsa tahun 2013 sebagian besar pengetahuan mahasiswi adalah baik sebanyak 26 responden (83,9%) dan sebagian kecil pengetahuan mahasiswi adalah kurang sebanyak 1 responden (3,2%). Sebagian besar pengetahuan ketrampilan mahasiswi kebidanan semester VI tentang partograf adalah baik.
pengetahuan
partograf
Kebidanan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1060
APA Citation
Silvia Yuliana. (2013). Gambaran Pengetahuan Ketrampilan Mahasiswi Kebidanan Semester Vitentang Partografdi Stikes Harapan Bangsa Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/