Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Alat Kontrasepsi Intra Uterine Devices Di Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Tahun 2013

XML
Pengarang
Sindhy Desitavani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

IUD adalah alat kontrasepsi jangka panjang dengan efek samping yang rendah namun peminatnya masih kurang dibandingkan suntik dan pil. Di Banyumas dengan jumlah PUS sebanyak 1.752.846 orang hanya 27.149 orang (11,12%) yang menggunakan KB IUD. Berdasarkan pra survey, pada tahun 2013 akseptor KB IUD terbanyak di Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas sejumlah 1624 orang (24,06%).

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran faktor - faktor yang mempengaruhi pemilihan alat kontrasepsi IUD di Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas pada tahun 2013 berdasarkan pendidikan, pekerjaan, umur, dan sosial ekonomi.

Metode penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan pendekatan waktu retrospektif. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua akseptor KB IUD di wilayah Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas tahun 2013 yang berjumlah 1.624 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Quota Sample dengan jumlah sampel 163 akseptor.

Dari hasil penelitian didapatkan akseptor yang memilih alat kontrasepsi IUD adalah ibu yang berpendidikan tinggi, bekerja, berusia> 35 tahun dan mempunyai social ekonomi yang baik.
Faktor
Akseptor
Pemilihan
Intra Uterine Devices

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1061
APA Citation
Sindhy Desitavani. (2014). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Alat Kontrasepsi Intra Uterine Devices Di Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/