Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Tingkat Pengetahuan Anggota Polantas Tentang Pemakaian Masker Penutup Hidung di Wilayah Kerja Polres Purbalingga Tahun 2014

XML
Pengarang
Sindi Rulianti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Pemakaian masker sangatlah penting digunakan pada anggota Polantas saat bekerja turun di jalan raya. Karena pencemaran udara yang berasal dari asap kendaraan bermotor sangat berbahaya bagi kesehatan pernapasan. Pada anggota Polantas penjelasan pemakaian masker penutup hidung sangatlah penting, karena anggota Polantas sehari-harinya bekerja dilingkungan terpapar polusi udara. Berdasarkan survey awal dari 10 Polantas 80% jarang menggunakan masker pada saat bekerja, kemudian dari 80% tadi didapatkan 8 polantas mengatakan dalam satu bulan mengalami ISPA.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan anggota Polantas tentang pemakaian masker penutup hidung di wilayah kerja Polres Purbalingga tahun 2014.

Metode penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secaratotal sampling 79 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner.

Hasil penelitian menunjukan tingkat pengetahuan anggota Polantas tentang pemakaian masker penutup hidung di wilayah kerja Polres Purbalingga tahun 2014 dalam kategori baik 43 orang (54,4%), kategori cukup 36 orang (45,6%), dan tidak ada anggota Polantas masuk dalam kategori kurang.

Saran bagi anggota Polantas diharapkan lebih termotivasi lagi untuk menggunakan APD (masker penutup hidung). Untuk peneliti selanjutnya semoga tertarik untuk meneliti tentang motivasi anggota Polantas dalam pemakaian masker penutup hidung.
Tingkat pengetahuan
Polantas
masker penutup hidung

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1062
APA Citation
Sindi Rulianti. (2014). Gambaran Tingkat Pengetahuan Anggota Polantas Tentang Pemakaian Masker Penutup Hidung di Wilayah Kerja Polres Purbalingga Tahun 2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/