Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Balita Dengan Status Gizi Balita Berdasarkan Berat Badan / Umur Di Bidan Praktek Mandiri Nunik Murtiningsih Amd.Keb Desa Pasinggangan Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas Tahun 2012

XML
Pengarang
Sintya Dwi Utami - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Faktor yang menyebabkan permasalahan gizi kurang dapat antara lain karena kemisikinan, kurangnya persediaan pangan, sanitasi lingkungan yang kurang baik, termasuk kurangnya pengetahuan masyarakat tentang gizi dan kesehatan. Status gizi buruk pada masa balita dapat mengakibatkan terganggunya proses tumbuh kembang. Akibat kurangnya gizi akan menyebabkan beberapa efek serius seperti kegagalan pertumbuhan fisik, tidak optimalnya perkembangan dan kecerdasan, penurunan produktifitas, serta menurunnya daya tahan tubuh terhadap penyakit yang akan meningkatkan resiko kesakitan dan kematian.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang gizi balita dengan status gizi balita berdasarkan berat badan / umur di Bidan Praktik Mandiri Nunik Murtiningsih Amd.Keb desa Pasinggangan Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas Tahun 2012.

Metode : Rancangan penelitian ini adalah corelation study dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai balita di desa Pasinggangan. Sampel yang digunakan adalah sample jenuh, sampel penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai balita di desa Pasinggangan Banyumas. Analisa data dalam penelitian ini adalah uji statistik dengan menggunakan rumus Chi-square (χ²).

Hasil : Dari hasil penelitian sebagian besar pengetahuan ibu tentang gizi balita adalah cukup sebanyak 8 responden (40%), sebagian besar status gizi balita adalah baik sebanyak 8 responden (40%). Hasil dari penelitian ini berdasarkan nilai koefisien korelasi Pvalue <α (0,010 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kekuatan hubungan adalah kuat.

Kesimpulan : Sebagian besar pengetahuan ibu di desa Pasinggangan tentang gizi balita baik dan status gizi balita juga baik. Ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi balita dengan status gizi balita berdasarkan berat badan / umur dengan koefisien korelasi kuat.
pengetahuan
status gizi balita
Gizi Balita

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1064
APA Citation
Sintya Dwi Utami. (2012). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Balita Dengan Status Gizi Balita Berdasarkan Berat Badan / Umur Di Bidan Praktek Mandiri Nunik Murtiningsih Amd.Keb Desa Pasinggangan Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas Tahun 2012. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/