Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Tingkat Depresi Pada Lansia Di Posyandu Lansia Desa Rempoah Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Siti Andari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kesehatan lansia merupakan status kesehatan yang tidak terlepas dari aspek kegiatan biologis atau fisik, aspek kesehatan psikologis, aspek kesehatan, dan sosial. Depresi merupakan suatu gangguan keadaan tonus perasaan yang secara umum ditandai oleh rasa kesedihan, apatis, pesimisme, dan kesepian yang mengganggu aktivitas social dalam sehari-hari. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada tanggal 21 Maret 2013 di posyandu lansia desa Rempoah kecamatan Baturaden kabupaten Banyumas di dapatkan jumlah lanjut usia sebanyak 168 lansia yang aktif berkunjung ke posyandu lansia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat depresi pada lansia di posyandu lansia desa Rempoah kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas.

Desain dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental sampling. jumlah sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi adalah 63 lansia.

Karakteristik berdasarkan jenis kelamin didapatkan perempuan lebih mendominasi sebanyak (52,45%), Sebagian besar lansia mempunyai status pernikahan yang sah, yaitu sebanyak (92,1%), usia mayoritas berusia antara 60-74 tahun sebanyak (50,8%). Sebagian besar lansia mempunyai status pernikahan yang sah, yaitu sebanyak (92,1%). Tingkat depresi sedang lebih mendominasi lansia, yaitu sebanyak (60,3%).
lansia
Posyandu
Tingkat Depresi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1069
APA Citation
Siti Andari. (2013). Gambaran Tingkat Depresi Pada Lansia Di Posyandu Lansia Desa Rempoah Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/