Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Frekuensi Kunjungan Lansia Di Posyandu Lansia Desa Kedungbanteng Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun 2013/2014

XML
Pengarang
Siti Asriyah - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Posyandu lansia merupakan suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan terhadap lansia di tingkat Desa/Kelurahan dalam masing-masing di wilayah kerja Puskesmas. Keterpaduan dalam Posyandu Lansia berupa keterpaduan pada pelayanan yang dilatarbelakangi oleh criteria lansia yang memiliki berbagai macam penyakit. Dasar pembentukan Posyandu Lansia adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama lansia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran frekuensi kunjungan lansia di Posyandu Lansia Desa Kedungbanteng Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional, dengan sampel 37 lansia yang berada di Posyandu Lansia Desa Kedungbanteng Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, menggunakan teknik Accidental Sampling.

Hasil penelitian didapatkan sebagian besar frekuensi kunjungan lansia di Posyandu Lansia berdasarkan karakteristik lansia yaitu mayoritas usia lanjut dini sebanyak 17 responden (45,95%), berpendidikan SD/SMP sebanyak 20 responden (54,05%), bekerja sebagai IRT sebanyak 20 responden (54,05%), dan sebagian besar frekuensi kunjungan lansia di Posyandu Lansia Desa Kedungbanteng Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas adalah kurang baik, dimana sebagian besar responden memiliki kunjungan rata-rata kurang dari 50%, dan sebagian besar masalah penyebab pada lansia adalah pada faktor informasi sebanyak 7 responden (46,67%).

Sebagian besar frekuensi kunjungan lansia di Posyandu Lansia berdasarkan karakteristik lansia yaitu mayoritas usia lanjut dini, dimana sebagian besar responden berpendidikan SD/SMP dan bekerja sebagai IRT, kemudian frekuensi kunjungan lansia di Posyandu Lansia Desa Kedungbanteng adalah kurang baik, dimana sebagian besar responden memiliki kunjungan rata-rata kurang dari 50% dan memiliki masalah penyebab pada faktor informasi.
lansia
Posyandu
Kunjungan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1070
APA Citation
Siti Asriyah. (2014). Gambaran Frekuensi Kunjungan Lansia Di Posyandu Lansia Desa Kedungbanteng Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun 2013/2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/