Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Antara Asma Pada Ibu Hamil Dengan Kejadian Asfiksia Pada Bayi Baru Lahir Di Rsud Prof. Dr Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2012

XML
Pengarang
Siti Jundiyah - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya asfiksia adalah penyakit yang di derita ibu yaitu asma. Jika ibu sering mengalami serangan asma selama hamil, maka dapat menyebabkab suplai oksigen ke janin yang sangat diperlukan sel darah merah untuk mengangkut nutrisi ke janin menjadi terganggu sehingga janin dapat mengalami hipoksia dan pertubuhannya terganggu. Asfiksia merupakan keadaan dimana bayi tidak dapat segera bernafas secara spontan dan teratur setelah lahir. Sindrom gangguan nafas disebabkan oleh hipoksia janin dalam rahim yang berhubungan dengan faktor-faktor yang timbul selama kehamilan, persalinan dan setelah kelahiran. Berdasarkan hasil penelitian, dari 55 bayi baru lahir yang asfiksia, 33 diantaranya adalah dari ibu mempunyai riwayat asma saat hamil.

Penelitin ini adalah penelitian survey analitik dengan study korelasi dengan menggunakan pendekatan retrospektif study. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel penelitian ini adalah bayi baru lahir di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2012 sebanyak 96 responden. Alat ukur yang digunakan master tabel dan jenis data adalah data sekunder. Analisa data menggunakan chi-square.

Dari 96 responden sebagian besar tidak mengalami asma sebanyak 54 responden (56,3%), sebagian mengalami asfiksia sebanyak 55 responden (57,3%) dan ada hubungan kejadian asma dengan kejadian asfiksia di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dengan nilai ρ-value (0,001) <α (0,5) maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Bayi Baru Lahir
Asma
asfiksia

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1072
APA Citation
Siti Jundiyah. (2013). Hubungan Antara Asma Pada Ibu Hamil Dengan Kejadian Asfiksia Pada Bayi Baru Lahir Di Rsud Prof. Dr Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2012. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/