Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Antara Status Gizi Ibu Hamil Berdasarkan Nilai Hb dengan Berat Badan Bayi Lahir di RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2013

XML
Pengarang
Suci Ambar Palupi - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Berdasarkan data Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) menyebutkan bahwa penyebab angka kematian bayi diantaranya adalah Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) 29%. Akibat kekurangan gizi pada ibu hamil akan menyebabkan bayi prematur, keguguran, lahir mati dan BBLR. Untuk mengetahui status gizi ibu baik atau tidak dapat dilihat dari nilai Hb ibu.

Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara status gizi ibu hamil berdasarkan nilai Hb dengan berat badan bayi lahir di RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2013.

Desain penelitian ini menggunakan deskriptif analitik korelasional dengan pendekatan retrospektif. Sampel pada penelitian adalah semua ibu bersalin di RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo tahun 2013 sebanyak 59 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Uji statistik yang digunakan yaitu uji Chi-square.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara status gizi ibu hamil berdasarkan nilai Hb dengan berat badan bayi lahir di RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2013 dimana p-value (0,000) < 0,05.

Ibu hamil disarankan agar menjaga asupan gizinya terutama konsumsi tablet fe atau zat besi selama masa kehamilan agar mengurangi risiko melahirkan bayi dengan Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR).
Ibu hamil
Status Gizi
Hb

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1107
APA Citation
Suci Ambar Palupi. (2014). Hubungan Antara Status Gizi Ibu Hamil Berdasarkan Nilai Hb dengan Berat Badan Bayi Lahir di RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/