Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PENYAKIT GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENYAKIT GAGAL GINJAL KRONIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 (MAN 2) PURWOKERTO TAHUN 2015

XML
Pengarang
Sugihartono - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Penyakit gagal ginjal kronik merupakan kerusakan pada ginjal yang terjadi lebih dari 3 bulan yang ditandai dengan penurunan laju filtrasi glomerulus (LFG) kurang dari 60 ml/menit/1,73 m². Tahun 2011, prevalensi penyakit gagal ginjal kronik di Indonesia cukup tinggi sekitar 30,7 juta penduduk.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang penyakit gagal ginjal kronik dengan perilaku pencegahan penyakit gagal ginjal kronik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN 2) Purwokerto tahun 2015.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survey analitik dengan pendekatan secara cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 404 orang, diambil sampel sebanyak 80 responden dengan teknik pengambilan sampel Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan analisis data menggunakan uji Spearman Rank.

Hasil analisa bivariat r² = -0,089 (< 0,00 - 0,119) dan nilai pvalue = 0,430 didapatkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang penyakit gagal ginjal kronik dengan perilaku pencegahan penyakit gagal ginjal kronik.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tingkat pengetahuan remaja yang baik tentang penyakit gagal ginjal kronik tidak menentukan remaja tersebut memiliki perilaku baik terhadap pencegahan penyakit gagal ginjal kronik, begitu juga sebaliknya.
pengetahuan
Perilaku Pencegahan
Penyakit Gagal Ginjal Kronik

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1116
APA Citation
Sugihartono. (2015). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PENYAKIT GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENYAKIT GAGAL GINJAL KRONIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 (MAN 2) PURWOKERTO TAHUN 2015. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/