Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) IBU DI TATANAN RUMAH TANGGA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI DI DESA MIPIRAN KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2015

XML
Pengarang
Surasno - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Diare adalah penyebab kematian kedua pada anak dibawah 5 tahun menurut World Health Organization (WHO) tahun 2009. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya perilaku masyarakat yang kurang baik. Berperilaku hidup bersih dan sehat (ber-PHBS) merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kesehatan keluarga salah satunya terhindar dari terjadinya diare.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ibu di tatanan rumah tangga dengan kejadian diare pada bayi di Desa Mipiran Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga.

Jenis penelitian ini observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dilakukan pada 42 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling menggunakan kuesioner sebagai instrumen dalam pengambilan data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kejadian diare pada bayi sebesar 16 bayi (38.1%) dan ada hubungan antara PHBS ibu (p=0.000); dengan indikator pemberian ASI eksklusif (p=0.003), penggunaan air bersih (p=0.001), mencuci tangan dengan air bersih dan sabun (p=0.004), penggunaan jamban sehat (p=0.003), dengan kejadian diare pada bayi. Dari keempat indikator PHBS, penggunaan air bersih menjadi indikator paling dominan dengan OR 16.214.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara PHBS ibu dengan kejadian diare pada bayi, sehingga perlu meningkatkan masyarakat untuk ber-PHBS agar dapat mencegah terjadinya diare.
PHBS ibu
diare pada bayi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1134
APA Citation
Surasno. (2015). HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) IBU DI TATANAN RUMAH TANGGA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI DI DESA MIPIRAN KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2015. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/