Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Pemenuhan Kebutuhan Dasar Sehari-Hari (Activity Of daily Living) Pada Lansia Di Kelurahan Tambak Sogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun 2014

XML
Pengarang
Susilo Triatmo - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Prevelansi penduduk usia lanjut di berbagai wilayah di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah penduduk usia lanjut di Kabupaten Banyumas berdasarkan data Susenas tahun 2010 sebesar 9,86% atau sebanyak 153.276 jiwa. Pengetahuan keluarga tentang pemenuhan kebutuhan sehari-hari mutlak dibutuhkan agar keluarga dapat mengetahui kebutuhan dasar sehari- hari lansia dan membantu untuk memenuhinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan keluarga tentang pemenuhan kebutuhan dasar sehari-hari pada lansia di Kelurahan Tambak Sogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua keluarga lansia di Kelurahan Tambak Sogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas sebanyak 324 orang dan diambil sampel sebanyak 76 orang menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan keluarga tentang pemenuhan kebutuhan dasar sehari-hari pada lansia paling banyak pada kategori cukup sebanyak 30 orang (39,5%) dan paling sedikit pada kategori kurang sebanyak 19 orang (25,0%) sedangkan lainnya pada kategori baik sebanyak 27 orang (35,5%).

Kesimpulan penelitian ini yaitu pengetahuan keluarga tentang pemenuhan kebutuhan dasar sehari-hari pada lansia di Kelurahan Tambak Sogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas paling banyak pada kategori cukup.
pengetahuan
lansia
Kebutuhan Dasar Sehari-hari (Activity Of Daily Liv

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1138
APA Citation
Susilo Triatmo. (2014). Gambaran Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Pemenuhan Kebutuhan Dasar Sehari-Hari (Activity Of daily Living) Pada Lansia Di Kelurahan Tambak Sogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun 2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/