Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Kepatuhan Pasien Dalam pengobatan TB Paru Dengan Status Gizi Pada Pasien TB Paru Di Puskesmas Rembang Kabupaten Purbalingga

XML
Pengarang
Angmas Apriyadi Prabowo - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Penyakit tuberkulosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut dapat menular melalui percikan ludah yang keluar saat batuk, bersin atau bicara. Kepatuhan terhadap pengobatan merupakan faktor penting bagi kesembuhan dan peningkatan status gizi pada penderita tuberkulosis paru disamping asupan makan. Kesembuhan terhadap infeksi akan mengoptimalkan penyerapan dan penggunaan zat gizi dalam tubuh.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan pasien dalam pengobatan TB paru dengan status gizi pada pasien TB paru di Puskesmas Rembang Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan responden dalam penelitian ini berjumlah 42 penderita TB paru.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kepatuhan pasien dalam pengobatan TB paru dengan status gizi pasien TB paru di Puskesmas Rembang Kabupaten Purbalingga. Hasil ini dibuktikan dari hasil uji statistik dengan uji chi square diperoleh nilai x2 = 10,594 dengan nilai signifikansi 0,014 lebih kecil dari nilai α (0,05).
Status Gizi
Penyakit Tuberkulosis
Kepatuhan Pengobatan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=116
APA Citation
Angmas Apriyadi Prabowo. (2014). Hubungan Kepatuhan Pasien Dalam pengobatan TB Paru Dengan Status Gizi Pada Pasien TB Paru Di Puskesmas Rembang Kabupaten Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/