Kunjungan pasien rawat jalan di Puskesmas I Kembaran Kabupaten Banyumas dalam kurun waktu tiga tahun terakhir mengalami kenaikan. Pada tahun 2010 kunjungan rawat jalan adalah sebanyak 33.233 pasien, pada tahun 2011 yaitu sebanyak 35.283 pasien rawat jalan serta pada tahun 2012 sebanyak 35.753 pasien (DKK Banyumas, 2012). Kenaikan kunjungan pasien sangat dipengaruhi dengan mutu pelayanan kesehatan Puskesmas yang diberikan kepada pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan di Puskesmas I Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2013.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Pengambilan data menggunakan accidental sampling. Responden merupakan pasien rawat jalan di Puskesmas I Kembaran Kabupaten Banyumas sebanyak 98 orang.
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa kepuasan pasien rawat jalan sebagian besar adalah sedang sebanyak 39 responden (39,80%). Kepuasan responden sebagian kecil adalah sangat rendah yaitu sebanyak 11 responden (11,22%).
Kepuasan pasien berdasarkan kualitas pelayanan sebagian besar adalah rendah yaitu sebanyak 44 responden (44,90%). Berdasarkan faktor emosional sebagian rendah yaitu sebanyak 43 responden (43,88%). Berdasarkan jaminan harga sebagian besar adalah sedang yaitu sebanyak 37 responden (37,76%). Berdasarkan kemudahan biaya sebagian besar adalah sedang yaitu sebanyak 38 responden (38,78%).
Kualitas pelayanan kualitas pasien
Tiaristawati Anissari. (2013). Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas I Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id