Bermain game online merupakan suatu permainan komputer yang memanfaatkan jaringan internet sebagai medianya. Bermain game online ini berdampak pada pendidikan pelajar, sekolah menjadi terbengkalai, sehingga nilai rapor juga tidak memuaskan akibat kecanduan bermain game online.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku bermain game online dan prestasi belajar pada siswa SMP N 3 Sokaraja. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 53 responden. Data diambil dengan cheklist dan master tabel untuk prestasi.
Hasil penelitian sering bermain game online dengan prestasi baik yaitu sebanyak 20 siswa (58,8%), sedangkan yang bermain game online dengan prestasi cukup sebanyak 14 siswa (41,2 %) dan sisanya tidak pernah bermain game online dengan prestasi baik sebanyak 17 siswa (18,5%), sedangkan yang tidak bermain game online dengan prestasi cukup sebanyak 2 siswa (10,5%). Hal ini menunjukkan prestasi belajar siswa yang belum memuaskan. Banyaknya siswa yang gemar bermain game online (64,2%) dimungkinkan menjadi penyebab kurangnya prestasi siswa
Prestasi Belajar Perilaku bermain game online
Tias Ayu Nofita Sari. (2012). Gambaran Perilaku Bermain Game Online Dan Prestasi Belajar Pada Siswa SmpN 3 Sokaraja. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id