Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Pemberian Sari Aloe Vera Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Di Puskesmas I Baturaden

XML
Pengarang
Titi Dwi Lestari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Diabetes mellitus (DM) atau kencing manis, termasuk kategori penyakit degenaratif yang membahayakan bagi manusia saat ini. Salah satu faktor yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah adalah dengan terapi jus Aloe vera (lidah buaya), kandungannya dapat menurunkan kadar gula darah selain kebutuhan insulin atau obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia.

Diabetes Mellitus juga merupakan suatu penyakit kronis dimana tubuh tidak dapat menghasilkan dan menggunakan insulin yang diproduksi oleh pankreas secara efektif. Jika kadar gula dalam darah tidak dapat dikontrol dengan baik maka secara perlahan dapat terjadi komplikasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sari Aloe vera terhadap penurunan kadar gula darah pada pasien DM tipe II di Puskesmas I Baturaden.

Penelitian ini menggunakan design Quasi eksperimen dengan pendekatan non-randomized pre-post test with control group design di Puskesmas I Baturaden sebanyak 30 orang. Pengumpulan data mengacu pada cheklist kadar gula darah. Analisa data mengunakan uji statistik melalui hipotesis komparatif yaitu menguji populasi yang berbentuk perbandingan berdistribusi normal dengan menggunakan paired T-test. Hasil uji statistik pada responden yang diberi perlakuan didapatkan nilai p=0,001 terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian sari Aloe vera dengan penurunan kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe II. Dari data yang diperoleh rata-rata kadar gula darah sebelum pada pasien yang diberikan perlakuan 235,87 mg/dl, defiasi 30,92 dan sesudah diperoleh rata-rata kadar gula 222,07 mg/dl, defiasi 28,68. Sedangkan nilai rata-rata sebelum pada kelompok kontrol 260,73 mg/dl, defiasi 27,05 dan sesudah diperoleh rata-rata 261,47 mg/dl, defiasi 27,45. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh dalam pemberian sari Aloe vera terhadap kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe II di Puskesmas I Baturaden.
Diabetes Mellitus Tipe II
Kadar Gula Darah
sari Aloe vera

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1176
APA Citation
Titi Dwi Lestari. (2012). Pengaruh Pemberian Sari Aloe Vera Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Di Puskesmas I Baturaden. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/