Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Angka Kejadian Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Pada Pasien Rawat Inap Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto Tahun 2012

XML
Pengarang
Titis Puspitasari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

ISPA merupakan salah satu penyebab utama kunjungan pasien ke sarana kesehatan. Sebanyak 40%-60% kunjungan berobat di Puskesmas dan 15%-30% kunjungan berobat di bagian rawat jalan dan rawat inap rumah sakit disebabkan oleh ISPA. ISPA merupakan satu penyebab kematian yang paling sering terjadi pada anak di negara berkembang. Umur mempunyai pengaruh besar pada kejadian ISPA. Penyakit ISPA yang terjadi pada anak dan bayi akan memberikan gambaran klinik yang lebih buruk dan tampak lebih berat tersebut terutama disebabkan oleh infeksi virus pada bayi dan anak yang belum memperoleh kekebalan alamiah. Faktor-faktor yang mempengaruhi ISPA antara lain: jenis kelamin, umur, keadaan gizi, lingkungan.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kejadian ISPA di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Jenis penelitian merupakan deskriptif, pendekatan penelitian menggunakan retrospektif. Populasi adalah seluruh pasien yang terkena penyakit ISPA yang dirawat di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2012. Populasi secara umum pasien yang terkena ISPA di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo sebanyak 98 kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sehingga jumlah sampel 98 kasus.


Hasil penelitian adalah kejadian ISPA berdasarkan umur di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo sebagian besar umur 1-10 tahun sebanyak 42 responden (42,9%) dan sebagian besar berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 59 responden (60,2%).


Kesimpulan: Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gambaran kejadian ISPA di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto sebagian besar responden mempunyai umur 1-10 tahun dan berjenis kelamin laki-laki.
ISPA
umur
Jenis Kelamin

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1183
APA Citation
Titis Puspitasari. (2013). Gambaran Angka Kejadian Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Pada Pasien Rawat Inap Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto Tahun 2012. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/