Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Tingkat Pengetahuan Wanita Usia 20-34 Tahun Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri Di Desa Piasa Kulon Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas Tahun 2011

XML
Pengarang
Titis Widowati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2011
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang: Kanker payudara di Indonesia diperkirakan setiap tahunnya 100 penderita baru per 100.000 penduduk. Salah satu cara untuk mendeteksi dini adanya kanker payudara adalah dengan cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Tujuan: Untuk mengetahui gambaran pengetahuan wanita usia 20-34 tahun tentang SADARI di Desa Piasa Kulon Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas.

Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah wanita usia 20-34 tahun dengan jumlah sampel sebanyak 56 responden dengan teknik cluster random sampling.

Hasil Penelitian: Tingkat pengetahuan tentang SADARI sebagian besar dalam kategori cukup sebanyak 28 responden (50,00%). Tingkat pengetahuan tentang SADARI berdasarkan pendidikan paling banyak pendidikan dasar dalam kategori cukup sebanyak 20 responden (50,0%).Tingkat pengetahuan tentang SADARI berdasarkan informasi paling banyak pernah mendapat informasi yaitu dalam kategori baik sebanyak 18 responden (54,5%).Tingkat pengetahuan tentang SADARI berdasarkan riwayat keluarga paling banyak tidak ada riwayat penyakit kanker payudara dalam kategori cukup sebanyak 27 responden (50,0%).

Kesimpulan: Tingkat pengetahuan wanita usia 20-34 tahun tentang SADARI sebagian besar dalam kategori pengetahuan cukup yaitu sebanyak 28 responden (50,00%).
pengetahuan wanita usia 20-34 tahun
pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1185
APA Citation
Titis Widowati. (2011). Gambaran Tingkat Pengetahuan Wanita Usia 20-34 Tahun Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri Di Desa Piasa Kulon Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/