Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pencegahan Diare Dengan Angka Kejadian Diare pada Balita di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2014

XML
Pengarang
Trias Fadoli - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang: Diare masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di negara berkembang seperti di Indonesia karena angka kesakitan dan kematiannya yang masih tinggi. Penyakit diare adalah penyakit yang ditandai dengan perubahan bentuk, konsistensi dan bertambahnya defekasi lebih dari tiga kali sehari. Angka kejadian diare di Kabupaten Banyumas pada tahun 2013 masih cukup tinggi, yaitu sebanyak 21.304, dimana sebanyak 5.257 (24,76%) kasus diare terjadi pada balita. Penemuan diare terbanyak di Kabupaten Banyumas adalah di wilayah Puskesmas Kembaran II yaitu sebanyak 1.100 kasus. Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas Kembaran II pada tahun 2012, kasus diare terbanyak yaitu di Desa Pliken yaitu sebanyak 379 kasus dari 1.414 kasus.

Tujuan: Mengetahui hubugan tingkat pengetahuan ibu tentang pencegahan diare dengan angka kejadian diare pada balita di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.

Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah ibu yang memiliki balita di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas sebanyak 213 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cluster sampling, dengan jumlah responden sebanyak 68 orang. Analisis data dengan Chi Squere menggunakan program komputer.

Hasil: Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang pencegahan diare dengan angka kejadian diare pada balita di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Hasil uji statistik Chi Squere diperoleh nilai p value = 0,000 (p value < 0,05), hal ini menunjukkan Ho ditolak.
kejadian diare
pengetahuan
pencegahan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1194
APA Citation
Trias Fadoli. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pencegahan Diare Dengan Angka Kejadian Diare pada Balita di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/