Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA SEMESTER 7 STIKES HARAPAN BANGSA PURWOKERTO

XML
Pengarang
Tri Maulin Rizkiyani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Mahasiswa semester 7 biasanya rentan mengalami stres. Saat mengerjakan skripsi mahasiswa dihadapkan oleh kesulitan-kesulitan antara lain: minimnya waktu bimbingan, perbedaan persepsi antara pembimbing I dan II, kurangnya buku referensi yang fokus pada permasalahan penelitian dan lain-lain. Faktor tersebut dapat berpengaruh dalam pengerjaan skripsi karena saat stres tubuh individu akan mengaktifkan respon melawan dan menghindar sehingga menyebabkan individu melakukan penundaan dalam mengerjakan skripsi yang termasuk ke dalam prokrastinasi akademik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat stres dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa semester 7 STIKes Harapan Bangsa Purwokerto. Desain penelitian ini adalah deskripstif korelasional dengan sampel semua mahasiswa semester 7 yang sedang mengerjakan skripsi dan tidak cuti sebanyak 130 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua buah instrumen yaitu tingkat stres berjumlah 18 item dan prokrastinasi akademik sebanyak 17 item yang disusun menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling.

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tingkat stres dengan perilaku prokrastinasi akademik yaitu sebesar 0.092 yang dimana p = 0.029 (p<0.05). Hal tersebut menunjukkan jika variabel tingkat stres tinggi maka variabel prokrastinasi akademik akan semakin tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan kebanyakan mahasiswa berusia 21 tahun dan didominasi oleh mahasiswa berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 77 mahasiswa. Kebanyakan mahasiswa semester 7 mengalami tingkat stres sedang (66.2%) dan mengalami prokrastinasi sedang (70.8%). Saran dari penelitian ini, institusi dapat melakukan kegiatan pencegahan seperti seminar tentang manajemen stres dan prokrastinasi akademik, serta menawarkan program bimbingan konseling terhadap mahasiswa.
mahasiswa
Tingkat Stres
prokrastinasi akademik

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1200
APA Citation
Tri Maulin Rizkiyani. (2015). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA SEMESTER 7 STIKES HARAPAN BANGSA PURWOKERTO. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/