Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Perilaku Masyarakat Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Wilayah Kerja Puskesmas Ii Kembaran Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Tri Widiarti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang: Demam berdarah dengue adalah penyakit menular yang

disebabkan oleh virus dengue dengan vektor nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, jumlah kasus demam berdarah dengue di Wilayah Kerja Puskesmas II Kembaran cukup tinggi, yaitu 47 kasus sampai dengan bulan juli tahun 2013.


Tujuan: Mengetahui hubungan perilaku masyarakat dengan kejadian demam berdarah dengue di Wilayah Kerja Puskesmas II Kembaran Kabupaten Banyumas.


Metode: Jenis penelitian kuantitatif, metode penelitian survei analitik pendekatan Case Control. Sampel yang digunakan 24 responden kelompok kasus dan 24 responden kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh diuji menggunakan Chi Square (x2) dengan nilai α (0,05).


Hasil: Tidak ada hubungan perilaku masyarakat dengan kejadian demam berdarah dengue di Wilayah Kerja Puskesmas II Kembaran dibuktikan dengan hasil uji statistik didapatkan nilai x2= 0,784 dengan nilai pvalue = 0,376 lebih besar dari nilai α (0,05).


Kesimpulan: Tidak ada hubungan perilaku masyarakat dengan kejadian demam berdarah dengue di Wilayah Kerja Puskesmas II Kembaran Kabupaten Banyumas.
Demam Berdarah Dengue
perilaku masyarakat

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1208
APA Citation
Tri Widiarti. (2012). Hubungan Perilaku Masyarakat Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Wilayah Kerja Puskesmas Ii Kembaran Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/