Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MEROKOK DINI PADA ANAK SD KELAS V DAN VI DI SD N CIBENTANG 03 KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES

XML
Pengarang
Turisno - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Faktor yang mempengaruhi perilaku merokok salah satunya adalah faktor lingkungan yaitu orang tua dan teman sebaya. Dari hasil pra survey di SD N Cibentang 03 Kecamatan Bantarkawung didapatkan 10 orang anak, terdapat 5 anak yang merokok karena ajakan dari teman sebaya, 3 anak yang merokok ksren melihat dari kakak atau saudara kandungnya dan 2 orang yang lain karena kemauan.

Tujuan : Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok dini pada anak di SD Negeri Cibentang 03 Kecamatan Bantarkawung.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa laki-laki kelas V dan VI di SD Negeri Cibentang 03 Kecamatan Bantarkawung yang berjumlah 38 orang dengan teknik pengambilan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengam analisa menggunakan chi square.

Hasil : Faktor teman sebaya mempengaruhi perilaku merokok sebanyak 34.2% dan faktor orang tua yang berperan terhadap perilaku merokok sebanyak 23.7%. Hasil uji hipotesis menunjukkan tidak ada hubungan faktor orang tua terhadap perilaku merokok (p = 1.00) atau p> 0.05 dan ada hubungan faktor teman sebaya dengan perilaku merokok siswa (p = 0.028) atau p< 0.05.

Kesimpulan : Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara faktor teman sebaya terhadap perilaku merokok siswa kelas V dan VI di SD N Cibentang 03 Kecamatan Bantarkawung.
merokok
perilaku
Orang tua
Teman Sebaya

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1214
APA Citation
Turisno. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MEROKOK DINI PADA ANAK SD KELAS V DAN VI DI SD N CIBENTANG 03 KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/