Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Peran Ibu Dalam Pemberian Makan Dengan Peningkatan Nafsu Makan Pada Anak Prasekolah Yang Mengalami Kesulitan Makan Di Tk Pertiwi Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Tutut Wahyuni - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Hasil studi pendahuluan di Tk Pertiwi Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas menunjukkan bahwa 26 ibu memiliki anak yang mengalami penurunan nafsu makan dikarenakan mengalami kesulitan makan. Hal ini membutuhkan peran penting ibu, sehingga peran ibu dalam pemberian makan pada anak sangat penting, terutama untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada anak.



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran ibu dalam pemberian makan dengan peningkatan nafsu makan pada anak prasekolah yang mengalami kesulitan makan.



Jenis penelitian ini study correlational dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel sebanyak 26 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner.



Hasil penelitian menunjukkan mayoritas peran ibu yang dalam kategori baik sebanyak 15 orang (57,7%), sedangkan anak yang mengalami peningkatan nafsu makan sebanyak 16 anak (61,5%) sehingga (p = 0,006 <α (0,005).



Kesimpulan penelitian ini ada hubungan peran ibu dalam pemberian makan dengan peningkatan nafsu makan pada anak prasekolah yang mengalami kesulitan makan.
Peran Ibu
nafsu makan
kesulitan makan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1219
APA Citation
Tutut Wahyuni. (2014). Hubungan Peran Ibu Dalam Pemberian Makan Dengan Peningkatan Nafsu Makan Pada Anak Prasekolah Yang Mengalami Kesulitan Makan Di Tk Pertiwi Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/