Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Sekolah Dasar "Di SD Negeri 1 Dukuhwaluh" Tahun 2013

XML
Pengarang
Uky Dyan Purnomo - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Masalah kesehatan umum yang terjadi pada anak usia sekolah biasanya berkaitan dengan kebersihan perorangan dan lingkungan seperti gosok gigi yang baik dan benar, kebersihan diri, serta kebiasaan cuci tangan pakai sabun. Banyak anak usia sekolah yang menderita diare dikarenakan sebelum dan sesudah makan mereka tidak mencuci tangan. Akibatnya bakteri yang ada di tangan ikut masuk ke dalam tubuh bersama makanan yang dimakan dan menyebabkan infeksi gastrointestinal.

Peneliti bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran tingkat pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa sekolah dasar di SD N 1 Dukuhwaluh

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one shot. Sampel yang digunakan adalah straitified random sampling, sampel penelitian adalah siswa SD N 1 Dukuhwaluh. Dengan besar sampel 41 responden.

Hasil penelitian didapatkan sebagian tingkat pengetahuan PHBS responden adalah cukup sebanyak 16 siswa (39%), sebagian besar responden kelas III adalah cukup sebanyak 6 siswa (42,9%), sebagian besar responden kelas IV adalah cukup yaitu sebanyak 6 siswa (46,2%) dan sebagian besar responden kelas V adalah baik sebanyak 7 siswa (50%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa sekolah dasar di SD N 1 dukuhwaluh cukup.
PHBS
Tingkat pengetahuan
anak usia sekolah

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1226
APA Citation
Uky Dyan Purnomo. (2013). Gambaran Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Sekolah Dasar "Di SD Negeri 1 Dukuhwaluh" Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/