Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pola Konsumsi Minuman Bersuplemen Pada Pasien dengan Kejadian Gagal Ginjal Kronik Di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

XML
Pengarang
Ummi Rakhmawati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Gagal Ginjal Kronik (GGK) merupakan suatu proses patofisiologi dengan etiologi yang beragam, mengakibatkan penurunan fungsi ginjal yang progresif, dan pada umumnya berakhir dengan keadaan klinis yang ditandai dengan penurunan fungsi ginjal yang irreversible.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola konsumsi minuman bersuplemen pada pasien dengan kejadian GGK di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.

Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi, pendekatan case control. Pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah variabel bebas (independent Variable) adalah minuman bersuplemen dan variabel terikat (dependent Variable) adalah gagal ginjal.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan pola konsumsi minuman bersuplemen pada pasien dengan kejadian gagal ginjal kronik. Hasil uji statistic bivariat menggunakan analisa Chi Square diperoleh hasil ρ = 0,015 (ρ-value < 0,05) dengan nilaiX2hitung sebesar 8,386>X2tabel sebesar 3,841.

Pola Konsumsi Minuman Bersuplemen pada pasien GGK di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto paling banyak 1-4 x/minggu sebanyak 83 responden (65,9%). Kejadian GGK di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2014 paling banyak tidak melakukan hemodialisa sebanyak 84 orang (66,7%). Ada hubungan pola konsumsi minuman bersuplemen pada pasien dengan kejadian GGK di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2014 dengan hasil ρ = 0,015 (ρ-value < 0,05).
Gagal Ginjal Kronik
Konsumsi Minuman Bersuplemen

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1232
APA Citation
Ummi Rakhmawati. (2014). Hubungan Pola Konsumsi Minuman Bersuplemen Pada Pasien dengan Kejadian Gagal Ginjal Kronik Di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/