Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Antara Perawatan Payudara Saat Kehamilan (Trimester Iii) Dengan Pengeluaran Asi Hari Pertama Post Partum Di Rb Allam Medic Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun 2011

XML
Pengarang
Vici Prihandining Tyas - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Perawatan payudara sebaiknya dilakukan selama kehamilan dengan tujuan untuk persiapan menyusui. Bila sejak hamil ibu melakukan perawatan payudara yang tepat dan benar maka akan terhindar dari kesulitan pemberian ASI. Perawatan payudara sebaiknya sudah mulai dilakukan pada trimester III karena perawatan dilakukan untuk persiapan menyusui.

Perawatan payudara saat kehamilan trimester III adalah salah satu bagian penting yang harus diperhatikan sebagai persiapan untuk menyusui nantinya saat kehamilan payudara akan mebesar dan daerah sekitar putting akan lebih gelap dan juga lebih sensitif.

Tujuan : Mengetahui hubungan antara perawatan payudara saat kehamilan dengan pengeluaran ASI pada hari pertama post partum.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan retrospektif. Sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling, sampel penelitian ini adalah semua ibu hamil. Sampel pada penelitian ini 50 responden.

Hasil : Sebagian besar ibu post partum dilakukan perawatan payudara saat kehamilan yaitu sebanyak 39 responden (78%). Sebagian besar ibu post partum mengalami pengeluaran ASI pada hari pertama post partum yaitu sebanyak 30 responden (60%).. Ada hubungan antara perawatan payudara saat kehamilan dengan pengeluaran ASI hari pertama post partum dengan nilai P adalah 0,001 dan nilai χ² hitung>χ² tabel (10,276> 3,841).

Kesimpulan : Ada hubungan antara perawatan payudara saat kehamilan dengan pengeluaran ASI hari pertama post partum.
Ibu Post Partum
Pengeluaran ASI
Perawatan payudara saat kehamilan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1243
APA Citation
Vici Prihandining Tyas. (2012). Hubungan Antara Perawatan Payudara Saat Kehamilan (Trimester Iii) Dengan Pengeluaran Asi Hari Pertama Post Partum Di Rb Allam Medic Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/