Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Efektivitas Pemanfaatan Kartu Kontrol Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus di Komunitas Senam Sehat Prodia Purwokerto

XML
Pengarang
Viny Lufiasari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Diabetes mellitus adalah penyakit metabolik akibat kelainan sekresi insulin, kerja insulin, atau keduanya. Menurut World Health Organization (WHO), sebanyak 347 juta orang diseluruh dunia mengidap diabetes mellitus. Pengelolaan diabetes mellitus dapat dikelompokkan dalam 4 pilar yaitu edukasi, diit, latihan jasmani dan terapi farmakologis. Kartu kontrol dapat digunakan sebagai media pengingat dan dokumentasi, serta mempermudah pemantauan pengelolaan diabetes mellitus.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan kartu kontrol terhadap penurunan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experiment dengan One Group Pre-Test and Post-Test Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kartu kontrol dan glucose meter. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah anggota Komunitas Senam Sehat Prodia Purwokerto yang mengalami diabetes mellitus. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah total sampling. Peneliti menggunakan uji statistik paired t-test dengan nilai α tabel adalah 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berada pada kelompok usia 60-74 tahun (64%) dan paling banyak pada perempuan (64%) dibanding laki-laki (36%) dengan rata-rata mengalami diabetes mellitus selama < 5 tahun (50%). Rata-rata kadar gula darah sebelum dan sesudah pemanfaatan kartu kontrol masing-masing sebesar 199,28 mg/dl dan 158,5 mg/dl.

Kesimpulan penelitian ini yaitu pemanfaatan kartu kontrol efektif terhadap penurunan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus (p=0,018).
Diabetes Mellitus
Kadar Gula Darah
Kartu Kontrol

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1245
APA Citation
Viny Lufiasari. (2014). Efektivitas Pemanfaatan Kartu Kontrol Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus di Komunitas Senam Sehat Prodia Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/