Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Kejadian Ekspulsi Pemakaian Kontrasepsi Iud (Intra Uterine Device) Pasca Partum Di Puskesmas Kembaran 1 Tahun 2012

XML
Pengarang
Wachyu Desi Andriyani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Intra Uterine Device (IUD) merupakan alat kontrasepsi yang masih sedikit digunakan dalam program keluarga berencana di Indonesia. IUD telah terbukti tidak menambah resiko infeksi, perforasi dan perdarahan. Namun angka kejadianekspulsilebihtinggi (6-10%).Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti pada tanggal 25 Februari 2013 di Puskesmas Kembaran 1 diperoleh data dari 272 akseptor yang menggunakan IUD terdapat121 akseptor yang mengalami ekspulsi.

Penelitian ini bertujuanuntukmengetahuigambaran Kejadian Ekspulsi Pemakaian Kontrasepsi IUD (Intra Uterine Device) Pasca Partum di Wilayah Puskesmas Kembaran 1 Tahun 2012.

Metode Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan retrospektif. Sampel yang digunakan adalah total sampling. Sampel penelitian ini adalah semua ibu yang menggunakan kontrasepsi IUD yaitu sejumlah 272 akseptor.

Dari penelitian tersebut didapatkan hasil sebanyak 151 akseptor (55,5%) tidak mengalami ekspulsi,sedangkan 72 akseptor (62,1%) dengan paritas primipara, 87 akseptor (53,4%) dengan riwayat pelayanan jampersal dan 81 akseptor (50,6%) dengan riwayat pemasangan < 40 hari mengalami ekspulsi.

Dari hasil penelitian tersebut penulis menyimpulkan bahwa sebagian besar akseptor tidak mengalami ekspulsi, yang mengalami ekspulsi yaitu akseptor dengan paritas primipara, akseptor dengan riwayat pelayanan jampersal dan akseptor dengan riwayat pemasangan < 40 hari. Jadi dari 272 akseptor IUD total akseptor yang mengalami ekspulsi yaitu sebanyak 121 akseptor.
IUD
Ekspulsi pasca partum

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1246
APA Citation
Wachyu Desi Andriyani. (2013). Gambaran Kejadian Ekspulsi Pemakaian Kontrasepsi Iud (Intra Uterine Device) Pasca Partum Di Puskesmas Kembaran 1 Tahun 2012. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/