Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Kejadian Diare Pada Bayi 0-6 Bulan Yang Mendapatkan Dan Tidak Mendapatkan Asi Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas II Baturaden

XML
Pengarang
Wagiyati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Diare merupakan penyebab kematian nomor 3 bagi bayi, faktor risiko diare pada bayi umur 0-6 bulan dapat disebabkan karena salah satu faktor yaitu penghentian ASI yang terlalu dini. Banyak ditemukan kejadian diare pada bayi usia 0-6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas II Baturaden yang disebabkan oleh karena bayi tidak mendapatkan ASI eksklusif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran kejadian diare pada bayi 0-6 yang mendapatkan dan tidak mendapatkan ASI Eksklusif di Wilyah Kerja Puskesmas II Baturaden.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan pendekatan retrospektif. Menggunakan teknik cluster sampling yaitu pengambilan sampel secara kelompok atau gugus yang dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas II Baturaden yang terdiri dari 5 Desa yaitu sebanyak 29 responden yang mempunyai bayi berusia 0-6 bulan.

Berdasarkan penelitian diperoleh hasil kejadian diare pada bayi 0-6 bulan yaitu 7 bayi (24,1%),tidak menderita diare 22 bayi (75,9%). Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif yaitu 12 bayi(41,4%), tidak mendapatkan ASI eksklusifyaitu 17 bayi (58,6%).Jumlah bayi yang menderita diare karena tidak mendapatkan ASI eksklusif jumlahnya lebih besar yaitu 5 bayi (71,4%), sedangkan bayi yang menderita diare dengan mendapatkan ASI eksklusif hanya 2 bayi (28,6%), kejadian tidak diare pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif yaitu 10 bayi (45,5%), sedangkan bayi yang tidak diare karena tidak mendapatkan ASI eksklusif yaitu 12 bayi (54,5%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kejadian diare pada bayi 0-6 bulan yang mendapatkan ASI Eksklusif diperoleh hasil lebih kecil dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif. Jumlah bayi yang menderita diaredengan mendapatkan ASI eksklusif yaitu sebanyak 2 bayi (28,6%), sedangkan bayi yang menderita diare karena tidak mendapatkan ASI eksklusif jumlahnya lebih besar yaitu 5 bayi (71,4%).
kejadian diare
Bayi
ASI Eksklusif

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1247
APA Citation
Wagiyati. (2012). Gambaran Kejadian Diare Pada Bayi 0-6 Bulan Yang Mendapatkan Dan Tidak Mendapatkan Asi Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas II Baturaden. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/