Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Dukungan Keluarga dengan Konsep Diri pada Wanita yang Mengalami Menopause di Posyandu Lansia Nur Paristi Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Wahyuni - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Menopause merupakan salah satu tahap kehidupan yang dialami oleh setiap wanita yang ditandai dengan berhentinya menstruasi. Wanita yang mengalami menopause merasakan perubahan-perubahan baik secara fisiologis maupun psikologis. Perubahan-perubahan tersebut akan mempengaruhi psikologi dan konsep diri wanita menopause. Wanita menopause yang mendapat dukungan yang baik dari keluarga mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan-perubahan psikososial akibat menopause, hal ini membentuk konsep diri yang positif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dukungan keluarga, konsep diri serta menganalisis hubungan dukungan keluarga dengan konsep diri pada wanita yang mengalami menopause di Posyandu Lansia Nur Paristi Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.

Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan dukungan keluarga sebagai variabel bebas dan konsep diri sebagai variabel terikat. Subjek penelitian adalah 34 wanita menopause yang berusia antara 45-69 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dukungan keluarga dan konsep diri sebagai alat pengumpulan data yang masing-masing variabel berjumlah 25 item. Analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan Chi Square.

Hasil penelitian ini adalah responden yang mendapat dukungan baik sebanyak 27 wanita (79,4%) dan sebanyak 29 wanita (85,3%) memiliki konsep diri yang positif. P value 0,014 < (P=0,05) dan X hitung 8,606> X table 5,591, terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan konsep diri pada wanita yang mengalami menopause di Posyandu Lansia Nur Paristi Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.
Konsep Diri
Dukungan Keluarga
Wanita Menopause

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1251
APA Citation
Wahyuni. (2012). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Konsep Diri pada Wanita yang Mengalami Menopause di Posyandu Lansia Nur Paristi Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/