Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ASUHAN KEBIDANAN BAYI BARU LAHIR PADA BY.NY. G UMUR 0 JAM – 3 HARI DI RUANG MELATI RSUD CILACAP TAHUN 2015

XML
Pengarang
Wajar Cahya Sumirat - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang: Pelayanan kesehatan neonatal harus dimulai sebelum bayi dilahirkan, melalui pelayanan kesehatan yang diberikan kepada ibu hamil. Penelitian menunjukan bahwa, 50% kematian bayi dalam periode neonatal yaitu dalam bulan pertama kehidupan. Menurut hasil Riskesdas 2007 menunjukkan bahwa 78,5% dari kematian neonatal terjadi pada umur 0-6 hari. Berdasarkan hasil pra survey di RSUD cilacap:Tahun 2013 jumlah kelahiran sebanyak 1.902, terdiri dari bayi lahir normal sebanyak 1.596 (84%), bayi lahir bermasalah 306 (16%). Tahun 2014 jumlah kelahiran 1.511, terdiri dari bayi lahir normal 813 (54%), bayi bermasalah 698 (46%). Tujuan dilakukan penelitian yaitu untuk melaksanakan asuhan kebidanan bayi baru lahir pada By.Ny.G umur 0 jam-3 hari dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan 7 langkah varney. Metode penelitian yang digunakan yaitu anamnesa, pemeriksaan fisik, dokumentasi, observasi, dan telaah dokumen.

Pembahasan: peneliti menemukan kesenjangan antara lahan dan teori, yaitu tidak dilakukannya IMD segera setelah lahir dikarenankan bayi langsung dibawa ke ruang perinatal. Padahal di RSUD terdapat SPO tentang IMD pada BBL dengan jenis persalinan SC.

Saran: Diharapkan lebih meningkatkan asuhan yang diberikan kepada pasien terutama bayi baru lahir, seperti menerapkan IMD pada bayi baru lahir dengan jenis persalinan SC dan memberikan penyuluhan sebelum bayi pulang kepada ibu atau keluarga sehingga bayi terawat dengan baik dirumah.
Bayi Baru Lahir
Adaptasi Bayi Baru Lahir

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1255
APA Citation
Wajar Cahya Sumirat. (2015). ASUHAN KEBIDANAN BAYI BARU LAHIR PADA BY.NY. G UMUR 0 JAM – 3 HARI DI RUANG MELATI RSUD CILACAP TAHUN 2015. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/