Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Praktik Perawatan Tali Pusat Bayi Oleh Ibu Post Partum Di Desa Dukuh Waluh Kec Kembaran Kab Banyumas Tahun 2011

XML
Pengarang
Wasilatun Herdianti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2011
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Tali pusat merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan pada bayi baru lahir. Bila bagian ini tidak dibersihkan dengan baik, bisa menjadi pintu masuk kuman penyebab infeksi. Laporan Dinas Kesehatan Banyumas (2010), Kematian bayi di Kabupaten Banyumas, terbesar disebabkan oleh infeksi sebanyak 7,22%.

Tujuan : Mengetahui gambaran praktik perawatan tali pusat bayi oleh ibu post partum di desa Dukuh Waluh Kec Kembaran Kabupaten Banyumas tahun 2011.

Metode : Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah total sampling, sampel penelitian ini adalah ibu postpartum di Desa Dukuh Waluh Sebanyak 35 responden.

Hasil: Praktik tentang perwatan tali pusat sebagian besar menggunakan betadine sebanyak 29 responden (82,9%), menggunakan kassa steril dari segi pendidikan SMP/MTS sebanyak 4 responden (30,8%), dari segi pengalaman yang pernah melakukan sebanyak 5 responden (31,3%), dari segi sumber informasi dari nakes sebanyak 6 responden (42,9%).

Kesimpulan: Praktik perawatan tali pusat pada ibu post partum di desa Dukuh Waluh kec Kembaran Kabupaten Banyumas tahun 2011 termasuk dalam kategori tidak tepat.
Ibu Post Partum
perawatan tali pusat

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1261
APA Citation
Wasilatun Herdianti. (2011). Gambaran Praktik Perawatan Tali Pusat Bayi Oleh Ibu Post Partum Di Desa Dukuh Waluh Kec Kembaran Kab Banyumas Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/