Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Perbedaan Skala Nyeri Persalinan Kala I Sebelum Dan Sesudah Massage Counter Pressure Pada Ibu Bersalin Di Wilayah Kerja Puskesmas Pekuncen Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Watiyah - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Persalinan merupakan hal yang fisiologis dimana terjadi rangkaian proses yang berakhir dengan pengeluaran hasil konsepsi. Kala I merupakan tahap yang berlangsung sejak terjadinya kontraksi uterus yang teratur sampai dilatasi serviks lengkap. Kontraksi uterus persalinan menimbulkan rasa nyeri. Penanganan nyeri persalinan kala I yang tidak tepat menyebabkan ibu mengalami kesakitan hebat. Massage counter pressure adalah salah satu pendekatan nonfarmakologis yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri persalinan.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan skala nyeri persalinan kala I sebelum dan sesudah massage counter pressure pada ibu bersalin di wilayah kerja Puskesmas Pekuncen Kabupaten Banyumas tahun 2013.

Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil pada bulan Juni 2013 di wilayah kerja Puskesmas Pekuncen Kabupaten Banyumas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 responden yang diambil menggunakan teknik accidental sampling.

Berdasarkan hasil penelitian skala nyeri persalinan kala I sebelum massage counter pressure terbanyak pada nyeri berat yaitu 8 responden (72,7%), sedangkan skala nyeri persalinan kala I sesudah massage counter pressure terbanyak pada nyeri sedang yaitu 10 responden (90,9%). Hasil uji statistik menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan nilai Z tabel lebih kecil dari Z hitung (1,96<3,000) yang berarti ada perbedaan skala nyeri persalinan kala I sebelum dan sesudah massage counter pressure.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada perbedaan skala nyeri persalinan kala I sebelum dan sesudah massage counter pressure pada ibu bersalin di wilayah kerja Puskesmas Pekuncen Kabupaten Banyumas tahun 2013.
skala nyeri
massage counter pressure
persalinan kala I

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1263
APA Citation
Watiyah. (2013). Perbedaan Skala Nyeri Persalinan Kala I Sebelum Dan Sesudah Massage Counter Pressure Pada Ibu Bersalin Di Wilayah Kerja Puskesmas Pekuncen Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/