Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA DINI 3-5 TAHUN DI PAUD SRIKANDI DESA MADUKARA KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA

XML
Pengarang
Widi Astuti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Perkembangan personal sosial yang dimaksudkan adalah kemampuan anak untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Perkembangan anak terdapat masa kritis, dimana pada masa tersebut memerlukan pembinaan tumbuh kembang anak secara komprehensif dan berkualitas bahwa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan personal sosial anak usia dini.

Jenis penelitian ini adalah deskriktif Korelasi dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel sebanyak 30 responden dengan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner dan tes DDST.

Hasil penelitian menujukan bahwa perkembangan personal sosial sebagian besar dalam kategori Caution/Peringatan yaitu sebanyak 4 anak (13,3%), sedangkan yang dalam kategori normal sebanyak 26 anak (86,7%). Dan pada orang tua dengan pola asuh otoriter sebagian besar perkembangan personal sosialnya adalah Caution/Peringatan yaitu 4 orang (66,7%). Pada orang tua dengan pola asuh demokratis sebagian besar perkembangan personal sosialnya adalah Caution/Peringatan yaitu 10 orang (52,6%). Dan pada orang tua dengan pola asuh permisif sebagian besar perkembangan personal sosialnya adalah Caution/Peringatan yaitu 3 orang (60%) sehingga r = 0,180>α (0,05).

Kesimpulan peneltian ini tidak ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan personal sosial ada anak usia dini 3-5 tahun.
pola asuh orang tua
Personal Sosial
anak usia dini

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1268
APA Citation
Widi Astuti. (2015). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA DINI 3-5 TAHUN DI PAUD SRIKANDI DESA MADUKARA KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/