Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat Di RSUD Ajibarang Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Widi Pratama Putra - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang Masalah : Rumah sakit dinyatakan berhasil, tidak hanya pada kelengkapan fasilitas yang diunggulkan melainkan juga sikap dan layanan sumber daya manusia yang merupakan elemen yang berpengaruh signifikan terhadap pelayanan yang dihasilkan dan dipersepsikan pasien. Pasien memandang bahwa hanya rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan medis sebagai upaya penyembuhan dan pemulihan atas rasa sakit yang dideritanya. Salah satu pelayanan medis yang dilakukan adalah pelayanan perawat. Mengingat intervensi perawat adalah setiap terapi keperawatan langsung yang dilakukan untuk kepentingan klien. Pelayanan perawat yang melebihi harapan pasien maka pasien puas sedangkan jika pelayanan perawat yang diterima lebih rendah dari harapan pasien maka pasien tidak puas. Kepuasan pasien tercermin dari dimensi pelayanan jasa diantaranya yaitu tangible/bukti fisik, reliability (kehandalan), responsiveness (cepat tanggap), emphaty (empati) dan assurance (jaminan)

Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Ajibarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap RSUD Ajibarang sebanyak 879. Sampel yang digunakan dengan menggunakan rumus slovin sampel 90 responden.

Hasil penelitian : Hasil penelitian ini adalah sebanyak 28,90% pasien menyatakan puas terhadap variabel tangible, sebanyak 53,30% menyatakan cukup puas terhadap variabel reliability. Sebanyak 40% dan 44,4% menyatakan kurang puas terhadap variabel responsiveness dan empathy dan sebanyak 52,2% menyatakan cukup puas terhadap variabel assurance.
Kepuasan Pasien
Pelayanan Perawat

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1271
APA Citation
Widi Pratama Putra. (2012). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat Di RSUD Ajibarang Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/