Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Antara Pemakaian Alat Pelindung Diri (Masker) Dengan Kejadian Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut Pada Pekerja Penggilingan Tepung Tapioka Di Desa Ngemplak Pati

XML
Pengarang
Widiya Astuti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) adalah penyakit infeksi akut yang menyerang salah satu bagian atau lebih dari saluran nafas mulai dari hidung hingga kantong paru (alveoli). Di dunia, penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut menyebabkan 4,25 juta kematian setiap tahunnya. Penggunaan alat pelindung diri merupakan upaya terakhir dalam usaha perlindungan diri pada pekerja di tempat kerja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemakaian alat pelindung diri (masker) dengan kejadian penyakit infeksi saluran pernafasan akut pada pekerja penggilingan tepung tapioka di desa ngemplak pati.

Metode yang digunakan adalah Cohort dengan rancangan penelitian Retroprektif. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Populasi penelitian ini adalah semua pekerja di pabrik penggilingan tepung tapioka di Desa Ngemplak Pati. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 pekerja yang terdiri dari 47 pekerja terkena ISPA dan 17 pekerja yang tidak terkena ISPA. Peneliti menggunakan uji statistik chi-square dengan nilai α (0,05).

Dari hasil penelitian ini di dapatkan pekerja yang memakai masker tetapi tidak menderita ISPA sebanyak 8(57,1%), pekerja yang memakai masker dan menderita ISPA sebanyak 6(42,9%). Sedangkan pekerja yang tidak memakai masker dan tidak menderita ISPA sebanyak 9(18,0%), pekerja yang tidak memakai masker dan menderita ISPA sebanyak 41(82,0%).

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa pemakaian alat pelindung diri masker ada hubungannya dengan kejadian ispa pada pekerja penggilingan tepung tapioka dengan hasil uji chi square diperoleh nilai p value 0,010 lebih kecil dari nilai α (0,05).
Infeksi Saluran Pernafasan Akut
Pemakaian Alat Pelindung Diri (masker)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1272
APA Citation
Widiya Astuti. (2014). Hubungan Antara Pemakaian Alat Pelindung Diri (Masker) Dengan Kejadian Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut Pada Pekerja Penggilingan Tepung Tapioka Di Desa Ngemplak Pati. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/