Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU BEKERJA TENTANG MANAJEMEN LAKTASI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWANEGARA I TAHUN 2014

XML
Pengarang
Widya Kristiana Wisnu Putri - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kesadaran masyarakat dalam pemberian ASI masih relatif rendah, terutama ibu bekerja sering mengabaikan pemberian ASI. Cakupan ASI Jawa Tengah tahun 2012 adalah 25,6%, menurun dibandingkan tahun 2011 (45,18%). Pengetahuan ibu bekerja tentang manajemen laktasi dan pentingnya ASI eksklusif bermanfaat untuk mencegah ibu memberi susu formula atau makanan pendamping lain sebelum bayi berusia 6 bulan. Pengetahuan mengenai ASI eksklusif pada ibu yang bekerja dipengaruhi oleh faktor umur, pendidikan, pekerjaan dan sumber informasi yang telah diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap ibu bekerja tentang manajemen laktasi di wilayah kerja puskesmas Purwanegara I tahun 2014.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap ibu bekerja tentang manajemen laktasi di wilayah kerja Puskesmas Purwanegara I tahun 2014.

Metode penelitian ini adalah penelitian analitik korelasi dengan rancangan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah Accidental sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 30 ibu.

Hasil penelitian didapatkan pengetahuan ibu tentang manajemen laktasi cukup sebanyak 20 ibu (66,7%), pengetahuan baik 6 ibu (20%) dan kurang sebanyak 4 ibu (13,3%). Sedangkan untuk sikap didapatkan sikap ibu tentang manajemen laktasi positif sebanyak 20 ibu (73,3%) dan negatif sebanyak 8 ibu (26,7).

Hubungan pengetahuan dengan sikap ibu bekerja tentang manajemen laktasi di wilayah kerja puskesmas Purwanegara I tahun 2014 sebagian besar adalah berpengetahuan cukup dengan sikap positif.
sikap
pengetahuan
Manajemen Laktasi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1273
APA Citation
Widya Kristiana Wisnu Putri. (2015). HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU BEKERJA TENTANG MANAJEMEN LAKTASI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWANEGARA I TAHUN 2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/