Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik dalam Tindakan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga
Komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam hal pengobatan dan perawatan penyakitnya, serta mempunyai peranan yang cukup besar dalam kepuasan pasien yang berobat dan dirawat, sebaliknya hubungan interpersonal yang tidak baik akan mengurangi kepuasan pasien. Penggunaan komunikasi terapeutik merupakan media dalam mengembangkan hubungan antara perawat dan pasien (Damaiyanti, 2008).
Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.
Metode penelitian menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan, cross sectional dan uji statistik bivariat menggunakan Spearman Rank (Rho). Populasi dalam penelitian ini seluruh jumlah pasien di ruang rawat inap yang terbagi menjadi ruang rawat kelas I, II, III dan VIP dengan teknik. proportionate stratified random sampling Besarnya sampel dihitung menurut rumus dari Issac dan Michael sebanyak 100 responden.
Hasil analisis bahwa ada hubungan yang bermakna antara pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga dengan taraf signifikan Lambda kuadrat < 0,05 dan taraf koefisien korelasi 0, 504.
Komunikasi terapeutik tingkat kepuasan
Widyastuti. (2012). Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik dalam Tindakan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id