Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik dalam Tindakan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga

XML
Pengarang
Widyastuti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam hal pengobatan dan perawatan penyakitnya, serta mempunyai peranan yang cukup besar dalam kepuasan pasien yang berobat dan dirawat, sebaliknya hubungan interpersonal yang tidak baik akan mengurangi kepuasan pasien. Penggunaan komunikasi terapeutik merupakan media dalam mengembangkan hubungan antara perawat dan pasien (Damaiyanti, 2008).

Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.

Metode penelitian menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan, cross sectional dan uji statistik bivariat menggunakan Spearman Rank (Rho). Populasi dalam penelitian ini seluruh jumlah pasien di ruang rawat inap yang terbagi menjadi ruang rawat kelas I, II, III dan VIP dengan teknik. proportionate stratified random sampling Besarnya sampel dihitung menurut rumus dari Issac dan Michael sebanyak 100 responden.

Hasil analisis bahwa ada hubungan yang bermakna antara pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga dengan taraf signifikan Lambda kuadrat < 0,05 dan taraf koefisien korelasi 0, 504.
Komunikasi terapeutik
tingkat kepuasan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1275
APA Citation
Widyastuti. (2012). Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik dalam Tindakan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/