Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Perbedaan Lama Waktu Pelepasan Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir Antara Perawatan Tali Pusat Menggunakan Kassa Steril Dan Betadine Di Wilayah Puskesmas Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun 2013

XML
Pengarang
Wiwi Pratiwi - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Berdasarkan hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) (2007) angka kematian bayi di Indonesia masih tinggi. Penyakit penyebab kematian neonatal kelompok umur 0-28 hari tertinggi di Jawa Tengah adalah infeksi yaitu sebesar 57,1%. Infeksi tersebut mencakup tetanus, sepsis, infeksi tali pusat, pneumonia dan diare kemudian sisanya merupakan feeding problem .

Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan lama waktu pelepasan tali pusat pada bayi baru lahir antara perawatan tali pusat menggunakan kassa steril dan betadine di Wilayah Puskesmas Pekuncen Kabupaten Banyumas tahun 2013.

Metode penelitian ini adalah komparatif non parametric berdasarkan data primer yang diambil dengan menggunakan lembar observasi dengan jumlah sampel sebanyak 22 responden.

Berdasarkan hasil penelitian lama waktu pelepasan tali pusat pada bayi baru lahir dengan menggunakan kassa steril paling banyak dalam kategori normal yaitu 9 responden (81,8), dan yang paling sedikit dalam kategori lambat yaitu 2 responden (18,2). Lama waktu pelepasan tali pusat pada bayi baru lahir dengan menggunakan betadine paling banyak dalam kategori lambat yaitu 9 responden (81,8) dan yang paling sedikit dalam kategori normal yaitu 2 responden (18,2). Hasil uji statistik menggunakan Mann-whitney u-test didapatkan nilai signifikasi =0.004 lebih kecil dari tingkat kesalahan (0,05) (0,004<0,05) maka Ho ditolak berarti ada perbedaan perawatan tali pusat menggunakan kassa steril dan betadine.

Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan lama waktu pelepasan tali pusat pada bayi baru lahir antara perawatan tali pusat menggunakan kassa steril dan betadine di Wilayah Puskesmas Pekuncen Tahun 2013.
Bayi Baru Lahir
Lama waktu pelepasan tali pusat
cara perawatan tali pusat

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1284
APA Citation
Wiwi Pratiwi. (2014). Perbedaan Lama Waktu Pelepasan Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir Antara Perawatan Tali Pusat Menggunakan Kassa Steril Dan Betadine Di Wilayah Puskesmas Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/