Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Kemandirian Lansia Dengan Personal Hygiene Pada Lansia Di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap

XML
Pengarang
Wiwi Wisudaningsih - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Secara umum kondisi fisik seseorang yang sudah memasuki masa lansia mengalami penurunan secara berlipat ganda. Hal ini dapat menimbulkan gangguan fungsi fisik, psikologis maupun sosial, yang selanjutnya dapat menyebabkan ketergantungan kepada orang lain. Apabila ketergantungan tidak diatasi, maka akan menimbulkan akibat seperti gangguan sistem tubuh, timbulnya penyakit, menurunnya Activity of Daily Living (ADL) seperti kegiatan personal hygiene. Ada beberapa dampak yang sering timbul jika masalah personal hygiene seseorang tidak diatasi, diantaranya dampak fisik dan psikososial.

Tujuan : Untuk mengetahui mengetahui hubungan kemandirian lansia dengan personal hygiene pada lansia di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian survey analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sampel penelitian ini adalah lansia yang berada di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap. Sampel pada penelitian ini 45 responden

Hasil : Dari hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden mandiri sebanyak 35 responden (77,8%), sebagian besar personal hygiene responden adalah sedang sebanyak 24 responden (53,3%), Ada hubungan kemandirian lansia dengan personal hygiene pada lansia dengan X² hitung> X² tabel (25,136> 5,991) maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan : Ada hubungan kemandirian lansia dengan personal hygiene pada lansia di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap.
Kemandirian
lansia
personal hygiene

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1288
APA Citation
Wiwi Wisudaningsih. (2012). Hubungan Kemandirian Lansia Dengan Personal Hygiene Pada Lansia Di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/