Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Pemberian Jahe (Zingiber Officinale) Terhadap Penurunan Morning Sickness (Mual Dan Muntah) Pada Ibu Hamil Trimester Pertama Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedung Banteng

XML
Pengarang
Wulandani Woro Larasika - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Morning sickness merupakan keluhan yang paling sering dirasakan oleh ibu hamil trimester pertama. Jahe merupakan salah satu pengobatan herbal yang sangat dianjurkan untuk morning sickness karena kandungan gingerol dalam jahe mampu menghambat serotonin yang dikeluarkan saat seseorang mengalami mual dan muntah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jahe (Zingiber officinale) terhadap penurunan morning sickness (mual dan muntah) ibu hamil trimester pertama di wilayah kerja Puskesmas Kedungbanteng.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental dengan pendekatan equivalen time sample. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 44 ibu hamil trimester pertama dengan mual dan muntah. Data diambil dengan cara menilai skor pretest dan posttest mual dan muntah pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan skala Likert dan indeks Rhodes.

Terdapat pengaruh pemberian jahe (Zingiber officinale) terhadap penurunan morning sickness (mual dan muntah) ibu hamil trimester pertama dengan p value = 0.000 untuk keseluruh uji (p<0.05). Oleh karena itu, pemberian 1 mg jahe per hari dapat menurunkan mual dan muntah ibu hamil trimester pertama.
Kehamilan
jahe
morning sickness

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1289
APA Citation
Wulandani Woro Larasika. (2013). Pengaruh Pemberian Jahe (Zingiber Officinale) Terhadap Penurunan Morning Sickness (Mual Dan Muntah) Pada Ibu Hamil Trimester Pertama Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedung Banteng. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/